Translate

Jenis Laptop Yang Perlu Anda Ketahui Sebelum Membeli

Ditulis oleh :

ADSENSE HERE

Jenis Laptop Yang Perlu Anda Ketahui Sebelum Membeli - Jaman sekarang ini, kepopuleran notebook atau laptop sudah kebutuhan dunia fashion. Terdiri atas berbagai macam jenis, bentuk, dan tentunya kegunaannya. Sudah seperti layaknya pakaian bukan? Ada yang digunakan untuk kantor, sekolah, atau rumahan.

Jenis Laptop Yang Perlu Anda KetahuiJika sudah banyak jenis begitu, kita harus pintar dalam memilih laptop.  Pastikan laptop yang akan kita beli tersebut sesuai dengan kebutuhan kita. Misalnya, jika kita ingin menggunakan laptop untuk keperluan bermain game, maka belilah laptop dengan jenis spesifikasi yang mumpuni. Begitupun jika kita akan gunakan untuk keperluan kantor, maka cukup laptop dengan performayang standar.

Kategori, jenis dan tipe produk pada laptop terus berkembang dan berubah seiring dengan semakin berkembangnya teknologi dan kebutuhan konsumen. Meskipun ada banyak cara untuk membagi kategorinya seperti berdasarkan berat, harga, atau komponen, kita memutuskan untuk menggunakan ukuran layar sebagai faktor utama pengelompokan dikarenakan ukuran layar merupakan perbedaan fisik yang paling jelas dan mencolok apabila dibandingkan dengan kategori yang lain. Beberapa jenis laptop dibawah ini bisa menjadi acuan bagi kita dalam memilih laptop/notebook yang sesuai untuk kebutuhan kita.

Layar berukuran 9” sampai dengan 12" (netbook)

Netbook memiliki ciri khas ukuran layar mulai dari 9" sampai 12", harga yang terjangkau dan memiliki tegangan CPU yang rendah. Pertamakali netbook diluncurkan, netbook yang paling awal memiliki layar berukuran 7" dan umumnya menggunakan prosessor Intel Celeron. Saat ini banyak bermunculan tipe-tipe netbook yang memiliki prosesor single core Intel Atom CPU, 1 GB RAM, 160 GB harddisk, dan biasanya dilengkapi dengan system Microsoft Windows 7 Starter Edition.

Kecil dan ringan, tidak memiliki drive optic, memiliki keyboard yang minimalis dan umumnya hanya digunakan untuk melakukan browsing internet, mengirim dan menerima e-mail juga beberapa aktivitas komputasi yang ringan. Beberapa produsen laptop saat ini selalu melakukan penerobosan baru untuk menghasilkan netbook-netbook yang memiliki kinerja lebih cepat dan performa yang lebih tangguh.

Ciri-Ciri umum netbook sebagai berikut:

  • Layar 9" sampai 12"
  • Tidak ada optical drive
  • Tegangan CPU rendah, Intel Atom atau setara
  • Harga biasanya kurang dari Rp 5.000.000

Layar berukuran 13"

Mengapa laptop dengan layar 13" sengaja dipisahkan dengan ukuran layar yang lain? Umumnya laptop yang memiliki layar berukuran 13" selalu melewati proses yang unik dan berbeda dengan laptop lain didalam proses industrinya. Hal tersebut menunjukan bahwa meskipun dengan ukuran layar 13" namun fitur dan spesifikasi yang disematkan umumnya sangat istimewa.

Laptop berukuran layar 13" dengan ukuran tipis dan ringan berbeda dengan kategori yang baru diperkenalkan yaitu Ultrabook karena tidak sesuai dengan teknologi wajib yang ditentukan oleh Intel. Macbook Air dari Apple merupakan contoh yang bagus dari laptop tipis dan ringan namun tidak diklasifikasikan sebagai sebuah Ultrabook.

Ciri-ciri umum pada jenis ini sebagai berikut:

  • Layar 13"
  • Desain tipis
  • Probabilitas mudah
  • SSD hard drive tersedia untuk semua model
  • System operasi : Microsoft Windows 7 Profesional Edition dan Apple Mac OS X

Ultrabook

Ultrabook merupakan sebuah kategori baru dari laptop yang didukung oleh Intel Core Prosessor terbaru, menggabungkan prosessor yang kuat, baterai dengan ketahanan maksimal, dan kemewahan desain yang elegan ke dalam bentuk produk yang kompak dengan ketebalan kurang dari 18 milimeter.

Ukuran ultrabook biasanya ditemukan dalam kisaran layar yang berukuran 11" sampai 14", fitur drive solid state untuk waktu booting instan, kinerja super cepat serta kemampuan respon sentuh yang baik, ditambah dengan kapasitas RAM yang umumnya tinggi.

Ciri-ciri umum ultrabook sebagai berikut:

  • Layar 11" sampai 14"
  • Ukuran sangat ramping dan ultra tipis
  • Prosessor powerfull
  • Portabilitas mudah
  • Baterai yang kuat dan tahan lama

Menengah alias mainstream (layar berukuran 15” )

Laptop menengah umumnya memiliki layar berukuran 15". Laptop ini umumnya memiliki prosesor Dual-Core CPU, seperti prosesor Core i3 , dengan RAM antara 3 GB sampai 6 GB, harddisk 250 GB atau lebih besar dan internal DVD-burning drive optic.

Ciri-ciri umumnya sebagai berikut:

  • Layar 14" sampai 16"
  • Dual core CPU standar tipe
  • CPU multi core juga tersedia dalam beberapa model
  • Internal optical drive
  • Blu-ray pilihan yang tersedia
  • Microsoft Windows 7 Home Edition

Laptop Pengganti Desktop ( Layar berukuran 17" ke atas )

Laptop dengan layar berukuran 17" ini lebih besar dan memang dimaksudkan untuk menggantikan desktop komputer , sehingga ”desktop” ini dapat dengan mudah digunakan pada saat anda melakukan perjalanan ataupun berkerja.

Umumnya kita akan menemukan Prosesor Intel Core i5 hingga prosesor Core i7 Extreme. Mayoritas laptop pengganti desktop tersebut memiliki kartu grafis baik untuk membantu memutar video HD atau untuk menjalankan game 3D.

Sering ditemukan juga fitur Blu-ray yang tersedia pada tipe laptop tersebut. Sehingga memang masuk akal apabila laptop yang berukuran layar 17" ini memang benar-benar dirancang untuk menggantikan desktop komputer.

Namun kekurangan dari laptop pengganti desktop ini adalah memiliki daya tahan baterai yang lebih pendek apabila dibandingkan dengan tipe laptop lainnya. Jadi disarankan pada saat anda sedang melakukan aktivitas dengan laptop pengganti desktop tersebut, agar tidak terlalu jauh dengan stop kontak, namun para produsen laptop pun tetap berusaha mencari solusi agar laptop-laptop yang memiliki ukuran layar 17" keatas ini dapat memiliki daya tahan baterai yang hampir atau sama dengan laptop tipe lainnya.

Ciri-ciri umumnya sebagai berikut:

  • Layar 17" atau lebih
  • Yang umum prosesor Intel i5 dan i7
  • Tersedia kartu grafis diskrit
  • Biasanya daya tahan baterai kurang lama

Laptop Berdaya Tahan Kokoh (Ukuran layar 6" sampai dengan 15")

Umumnya laptop tipe ini digunakan untuk aktivitas militer, atau aktivitas yang memiliki resiko benturan, terkena guncangan dan lain-lain. Laptop tipe ini memiliki desain tipikal yang sangat berbeda dengan laptop biasa. Didesain untuk bertahan dari guncangan, percikan air, debu, suhu udara ekstrim, terjatuh maupun getaran.

Umumnya laptop ini memiliki standar keamanan yang sangat tinggi, berpatokan kepada standar militer MIL STD 820F yang dikembangkan oleh pemerintah Amerika Serikat dan melewati proses uji coba yang sesuai dengan standar tersebut.

Standar lain yang sangat umum digunakan pada laptop tipe ini adalah standar 2 digit. Digit pertama menentukan ketahanan dari uji coba yang bersifat material atau benda, sedangkan digit kedua menjelaskan tentang ketahan terhadap kelembaban dan cairan. Pada dasarnya, angka yang lebih besar menunjukan level ketahan yang semakin baik pada laptop tersebut. Semua laptop yang masuk ke dalam kategori tersebut telah diuji coba agar mampu bertahan terhadap getaran halus dan kasar , tahan air, tahan benturan serta dapat digunakan pada suhu dengan temperatur yang ekstrim

Ciri-ciri umumnya sebagai berikut:

  • Layar 6" sampai 15"
  • Tahan terhadap elemen seperti debu, kelembaban, suhu ekstrim
  • Daya tahan Standar militer MIL STD 820F
  • Desain harddrive kostum yang tersedia.
Sumber: mistiknews.tk

Itulah jenis-jenis laptop yang harus anda ketahui, sebagai pertimbangan anda jika ingin membeli laptop. Semoga informasi ini bermanfaat, jika suka silahkan share

 

1 komentar:

I would like to say that this post is awesome, nice written and include almost all important information. I'd like to see more posts like this

Balas